Soal Jawaban Interaksi Manusia Dan Komputer Ujian Utama
Di dalam prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya, kecuali : Short Term Memory (STM)
Dalam proses penyelesaian masalah, manusia berusaha untuk mengadaptasikan informasi yang dimiliki dengan situasi yang dihadapi. Terdapat beberapa teori penyelesaian masalah yang umum digunakan oleh manusia seperti berikut ini, kecuali : Skill Acquisition
Salah satu tipe interaksi yang umum dipakai dan menggunakan serangkaian pertanyaan yang sebagian besar berupa yes/no question, multiple choiceatau codes, serta prosesnya dituntun langkah demi langkah : Q/A & query dialogue
Dari daftar berikut ini, yang bukan merupakan positioning dan pointing device adalah : Liquid Crystal Display
Berikut ini adalah prinsip yang mendukung pendayagunaan, kecuali : Availability
Salah satu prinsip yang mempengaruhi robustness, yang berhubungan dengan bagaimana user mengetahui / menyadari laju komunikasi dengan sistem adalah : Responsiveness
Paradigma berupa penggunaan beberapa saluran (Multiple Channel) komunikasi pada manusia seperti visual (mata), haptic (peraba) dan audio (telinga) adalah : Multi-modality
Berikut ini adalah presentasi model kognitif dalam pembuatan model user, kecuali : Model generatif
Format “if kondisi then aksi” adalah bentuk dari model hirarki goal dan tugas : Cognitive Complexity Theory
Model user yang mendekomposisi fase eksekusi menjadi operator motor-fisik, operator mental dan operator response adalah : Keystroke level model
Model yang memiliki kontribusi pada proses desain disebut : Generatif
Sintaksis adalah tingkatan bahasa komputer yang berupa : Urutan serta struktur input dan output
Tingkatan bahasa komputer yang paling rendah berupa icon pada layar dan ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata pada bahasa pada manusia adalah : Leksikal
Berikut ini adalah ciri-ciri dialog terstrukur pada komputer, kecuali : Dialog terstruktur langsung menuju pada arti kata-kata pada dialog
Dialog pada komputer berbeda dengan dialog antar manusia dalam hal : Dialog dengan komputer umumnya terstruktur dan terbatas
Salah satu notasi dialog yang menggunakan lingkaran sebagai penggambaran kondisi (state) dari sistem dan tanda panah sebagai transisi dari kondisi yang ada adalah : State Transition Network (STN)
Berikut ini adalah hal yang tergambar pada flowchart notasi dialog, kecuali : Pembacaan atau pengubahan database
Prinsip yang digunakan dalam desain dialog dengan membagi sistem menjadi beberapa bagian disebut : Module
Model yang digunakan untuk mengevaluasi desain yang telah ada sebelumnya disebut sebagai : Model evaluatif
Pada model hirarki tugas dan goal GOMS (Goal Operator Method Selection), Operator adalah : Respon dari system
Konsep WYSIWYG dan konsep yang memungkinkan user dapat mengubah keadaan internal system dengan cepat adalah paradigma : Direct Manipulation
Conto dari Paradigma Computer Supported Cooperative Work adalah : Email
Salah satu tipe penalaran yang melakukan penalaran dari sebuah fakta ke aksi atau kondisi yang mengakibatkan fakta tersebut terjadi, dimana metode ini digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang kita amati disebut tipe penalaran : Abduktif
WIMP Interface terdiri atas : Windows, Icon, Menu dan Pointer
Sensor receptor yang merespon pada penekanan adalah : Mechanoceptor
Pada Short Term Memory untuk lebih mudah mengingat deretan angka adalah dengan membagi deretan tersebut berdasarkan sifat tertentu kedalam kelompok digit, yang disebut : Chunk
Yang termasuk aktifitas pada Long Term Memory adalah, kecuali : Mengirim informasi secara acak
Penalaran yang dilakukan dengan cara melihat premis sebelumnya untuk menentukan kesimpulan yang akan diambil adalah jenis penalaran : Deduktif
GOMS adalah singkatan dari : Goals, Operators, Methods, Selection
Teknik pendekatan yang digunakan dalam analisa tugas yang mendaftar semua object dan aksi yang terlibat dalam tugas serta membangun taksonomi untuk memahami knowledge yang dibutuhkan dalam melaksanan tugas disebut : Teknik Berbasis Pengetahuan
Keuntungan dari pengumpulan data dengan observasi yang dilakukan di lapangan daripada di laboratorium adalah : Dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya
Pada analisa tugas data direpresentasikan dalam bentuk, kecuali : Kuesioner
Bentuk plan yang memperbolehkan sekumpulan sub tugas dijalankan dengan urutan yang tidak tetap dan boleh tidak dilakukan jika tidak diperlukan disebut : Discretionary
Merupakan seni hasil karya manusia, juga merupakan penyampaian dari apa yang bisa orang lihat dan rasakan yang mewakili mood (perasaan hati) orang tersebut, disebut : Design Grafis
Teknik penggunaan huruf, karakter, simbol yang digunakan dalam desain grafis disebut : Typography
Dalam desain grafis yang digunakan untuk melambangkan suatu menu / perintah yang juga kita bisa dengan mudah mengenali perintah dengan cepat disebut : Icon
Berikut ini yang termasuk dalam atribut warna, kecuali : Pitch
Atribut warna yang melambangkan kesenangan, kegembiraan ditunjukan warna : Kuning
Item yang mempunyai sifat dan keguanaan yang hampir sama atau saling berkaitan dikelompokkan di satu tempat merupakan salah satu prinsip desain grafis disebut : Proximity
Yang tidak termasuk dalam prinsip design graphis adalah : Multimodality
Berikut ini tidak termasuk dalam Prototype non Computer Method adalah : Scripted Simulations
Yang tidak termasuk High Fidelity Prototyping Tools adalah : Storyboarding
Berikut ini yang bukan merupakan tipe-tipe errors adalah : Kesalahan Deskripsi
Jenis help digunakan untuk membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus disebut : Task Specific Help
Jenis Help yang merupakan suatu alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap disebut : Full Explanation Help
Berikut ini jenis struktur pada halaman WEB kecuali : Non Hirarki
Berikut ini merupakan rancangan website yang buruk, kecuali : Scroll Menurun/ Kebawah
Yang tidak termasuk atribut penunjang dalam membangun website adalah : Icon
Pendekatan dari visualisasi informasi terdiri dari kecuali : Email Agent
Yang dimaksud informasi pada visualisasi informasi adalah : Item, entity atau sesuatu yang secara fisik tidak langsung disetujui
Pada visualisasi informasi yanng mengatur item utama menjadi parent dari item lainnya disebut : Hirarki Visual
Space filling representation dikembangkan oleh : Shneiderman & Johnson
Variasi dari teknik hirarki pada visualisasi informasi adalah sebagai berikut, kecuali : Navigasi
Dibawah ini adalah evaluasi yang dapat dilakukan dengan teknologi audio, kecuali : Variabel yang tepat
Atribut treemap terdiri dari : Warna dan area
Dibawah ini adalah teknik Information Visualization, kecuali : Identify & Analisis
Dibawah ini penggunaan audio nonspeech, kecuali : Integrasi Audio Visual
Memperlihatkan kepada pendengar quantitas informasi adalah penggunaan audio non speech yaitu : Sonifikasi
Penggunaan audio non speech bagi orang yang tidak dapat melihat adalah : Navigasi
Yang tidak termasuk pendekatan dari Penggunaan agent adalah : Aplikasi semi otonom agent
Jawaban A jika Pernyataan 1 Benar dan Pernyataan 2 Benar
Jawaban B jika Pernyataan 1 Benar dan Pernyataan 2 Salah
Jawaban C jika Pernyataan 1 Salah dan Pernyataan 2 Benar
Jawaban D jika Pernyataan 1 Salah dan Pernyataan 2 Salah
Perhatikan Pernyataan berikut :
1. Ergonomy menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user.
2. Human factor meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dengan menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas.
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Model human Processor yang menangani sensor dari luar disebut Perceptual System.
2. Yang mengendalikan aksi/respon adalah Cognitive System.
Metode yang digunakan untuk mengukur kapasitas Short Term Memory yang dimiliki manusia adalah :
1. Berdasarkan panjang suatu derat yang di ingat secara random.
2. Berdasarkan kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Penalaran deduktif menarik kesimpulan secara logis dari premis yang diberikan
2. Jika kita pernah melihat seeor anjing berwana hitam yang galak, maka kita mungkin berkesimpulan bahwa semua anjing hitam adalah galak, hal ini merupakan contoh dari penalaran abduktif
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Proses melupakan informasi terdiri dari 2 bentuk yaitu Decay dan Recall
2. Decay adalah proses melupakan informasi karena informasi tersebut sudah lama berada pada Long Term Memory sehingga lambat laun akan terlupakan.
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Proses memanggil informasi yang ada pada Long Term Memory terdiri dari 2 bentuk yaitu Recognition dan Recall
2. Interference adalah memanggil kembali secara langsung informasi yang ada pada Long Term Memory
Perhatikan Pernyataan berikut :
1. Pada Entitas aksi, istilah Agent untuk kondisi yang berubah akibat suatu aksi.
2. Sedangkan istilah patient adalah orang yang melakukan aksi.
Perhatikan Pernyataan berikut :
1. Pada Taksonomi Task Descriptive Hierarchy percabangan OR digunaan juka suatu Object terdiri dari beberapa kategori.
2. Sedangkan percabangan XOR digunakan jika object merupakan bagan dari satu atau lebih kategori.
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Warna pink melambangkan warna maskulin.
2. Warna feminim diasosiakan dengan warna hitam.
Perhatikan pernyataan berikut :
1. Interview merupakan cara untuk mempresentasikan data pada analisis tugas.
2. List, Matrics, Narative merupakan cara mengumpulkan data pada analisis tugas.
Jawab A apabila pilihan jawaban 1, 2 dan 3 Benar
Jawab B apabila pilihan jawaban 1 dan 3 Benar
Jawab C apabila pilihan jawaban 2 dan 4 Benar
Jawab D apabila pilihan jawaban 4 Benar
Yang termasuk dalam karakteristik Suara yaitu : Timbre, Loudness, Pitch (A)
Berikut ini yang merupakan sensor memory adalah : Iconic Memory, Echoic Memory, Haptic Memory (A)
Yang termasuk kesalahan krusial dalam perancangan interfaces adalah : Menganggap Semua user memiliki kemampuan yang sama, Menganggap semua user memiliki kemampuan yang sama dengan perancang (C)
Indera manusia yang memiliki peranan dalam interaksi manusia dan komputer adalah : Penglihatan, Peraba, Pendengaran (A)
Long Term Memory pada manusia terdiri dari : Episodic, Semantic (B)
Yang termasuk teknik koding dalam disain grafis adalah : Minimizing, Blinking, Reduce Clutter (A)
Kelebihan notasi dialog dengan mengguankan flowchart adalah : Memungkinkan disainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog (D)
Pernyataan berikut yang benar tentang dialog : Percakapan antara 2 kelompok atau lebih, Dalam perancangan user interface merupakan percakapan user sistem, Dialog dengan komputer biasanya terbatas dan terstrukur. (A)
Yang termasuk metode untuk merekam kegiatan user adalah : Paper & Pencil, User Notebook (B)
Alasan perlunya digunakan notasi dialog terpisah adalah : Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program, Membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan. (C) Gunadarma, Universitas Gunadarma, Semester 6, UU, Ujian Utama