Yang Bukan Termasuk Device Interface Signals Adalah

Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan
komputer lengkap dengan gambar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 15 Macam Perangkat Komputer dan Fungsinya (Beserta Gambar)
1. Keyboard
Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa
fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.

2. Mouse
Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk
menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

3. Webcam
Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video
call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.

4. Barcode Scanner
Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya
adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

5. Joystick
Baca juga: 6 Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi
Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas
gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

6. Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan
dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

7. Mikrofon
Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam
suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

8. Pemindai Sidik Jari
Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan
menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi.

9. Kinect
Kinect adalah salah satu merek dagang Microsoft berupa sensor gerakan. Bentuknya mirip seperti webcam namun memiliki fungsi yang lebih
canggih lagi. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain game.

10. Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External
Perangkat penyimpanan diatas merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan
data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.

Refrensi :

TUGAS SOAL TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN

1. komponen-komponen lainnya disebut dengan…

A. Casing

B. Wadah

C. Bungkusan

D.
Dudukan

E. Kerangka

2. Papan rangkaian computer tempat semua komponen elektronik computer terangkai disebut dengan…

A. Keyboard

B. Motherboard

C. Casing

D. Peripheral

E. Faterboard

3. Dibawah ini yang termasuk peralatan
input device, kecuali…

A. Keyboard

B. Joy Stick

C. Printer

D. Webcam

E. Monitor

4. Alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media kertas seperti kertas atau film disebut dengan…

A.
Printout Device

B. Driver Device

C. Drive Device

D. Hard Copy Device

E. Soft Copy Device

5. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem, disebut dengan…

A. Harddisk Internal

B. I/O atau Interface

C. Flashdisk

D. Removable Drive

E. Harddisk Eksternal

6. Keyboard, mouse, joy stick, microphone, scanner termasuk unit…

A. Storage Device

B. Processing Unit Device

C. Peripheral Device

D. Input
Device

E. Output Device

7. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu ALU dan CU, fungsi ALU adalah…

A. Pusat pengolahan data

B. Pengontrol kerja computer

C. Penambah kecepatan computer

D. Mempercepat boot

E. Mempercepat proses
copy data

8. Proses yang biasanya dilakukan bila sistem computer macet, dari pada harus mematikan aliran listrik computer dan menghidupkannya kembali dengan menekan tombol kombinasi di keyboard. Tombol kombinasi tersebut adalah…

A. Ctrl + P

B. Alt + F4

C. Ctrl + Alt + Del

D. Ctrl + F4

E.
Ctrl + C

9. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu input strorage, program storage, working storage dan output storage. Fungsi input storage adalah…

A. Menampung input yang dimasukkan melalui alat

B. Menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses

C. Menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan

D. Menyimpan program yang akan diolah dan hasil pengolahan

E. Menyimpan data yang belum diolah

10. Apakah kepanjangan dari RAM …

A. Random Access Memory

B. Run Access Memory

C. Random Access Manage

D. Random Alien Memory

E.
Remote Access Memory

11.Dibawah ini yang termasuk media penyimpanan, kecuali…

A. Flashdisk

B. Harddisk

C. Mouse

D. Disket

E. DVD

12. Apakah kepanjangan dari CPU …

A. Central Perfect Unit

B.
Central Processing Unit

C. Center Processing Unit

D. Center Proces Unit

E. Cellular Processing Unit

13. Apa nama lain dari media penyimpanan…

A. Storage Device

B. Input Device

C. Peripheral Device

D.
Output Device

E. Processing Unit Device

14.Dibawah ini yang termasuk output device, kecuali…

A. Monitor

B. Printer

C. Speaker

D. Harddisk

E. Flashdisk

15.Peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat
dilihat dengan menggunakan indra mata disebut….

A. Perangkat Lunak

B. Perangkat Computer

C. Perangkat Keras

D. Perangkat Aplikasi

E. Perangkat Gaib

16. Alat input yang berupa papan ketik disebut…

A. CPU

B. Mouse

C. Keyboard

D. Monitor

E. Webcam

17. Yang tidak termasuk tiga bagian tombol keyboard adalah…

A. Tombol

B. Tombol Angka

C. Tombol Huruf

D. Tombol Fungsi

E. Tombol Fn

18. Tombol mouse yang berfungsi untuk membuat blok adalah…

A. Klik Kiri

B. Drag

C. Klik Kombinasi

D. Double Klik

E. Klik Kanan

19. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari keyboard adalah……

A. Menggerakkan
Kursor

B. Menghapus Data

C. Melaksanakan Instruksi

D. Mengetik Data

E. Papan Ketik

20. Dibawah ini termasuk media penyimpanan data, kecuali….

A. CPU

B. CD-ROOM

C. Diskette

D.
Flashdisk

E. Harddisk

21. Berikut ini yang bukan bagian dari arithmetic logical unit adalah…..

A. Floating Point Arithmetic

B. Fixed Point Arithmetic

C. Control Unit

D. Decimal Arithmetic

E. Process Unit

22.Peralatan
yang berfungsi sebagai pusat/sentral dalam pengelolaan data pada komputer disebut….

A. Keyboard

B. Monitor

C. CPU

D. Mouse

E. Flashdisk

23. Storage yang dapat menyimpan data secara permanen disebut….

A. Internal storage

B. General Register

C. External Storage

D. Control Register

E. Free Storage

24. Bagian dari main memory yang hanya dapat membaca data saja disebut…..

A. Read Only Memory

B. Main Memory

C. Random Acess Memory

D. General Register

E. Control Register

25. Berikut ini yang merupakan tugas dari CPU adalah….

A. Merupakan otak computer

B. Untuk Menyimpan Data dan Program

C. Memasukkan data dan mengambil data

D. Mengetik dan memasukkan data

E. Mengetik dan menyimpan data

Soal Essai..

1. Buatlah desain jaringan dengan menggunakan topologi STAR beserta kelengkapan komponennya dengan ketentuan

sebagai berikut :

– 6 buah komputer client

-1 buah switch hub

– 1 buah komputer server

– 1 buah router

– 1 buah printer

2. Apa yang
anda ketahui tentang Layer OSI..?

3. Sebutkan jenis-jenis jaringan..?

4. Jelaskan keunggulan dan kelemahan pada type jaringan Client-Server?

5. Jelaskan urutan warna kabel LAN untuk type Straight dan Cross..?

JAWABAN

2. Layer OSI adalah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh Badan International
Organization of Standardization (ISO) di wilayah Eropa pada tahun 1977. OSI nama kependekan dari nama aslinya yaitu Open System Interconnection. Model OSI biasa disebut dengan model “Model Tujuh Lapis OSI”.

3. Macam macamjaringankomputer berdasarkan jaraknya yang pertama adalah:

a) PAN (Personal Area
Network)

b) Local Area Network (LAN)

c) Metropolitan Area Network (MAN)

d) Wide Area Network (WAN)

4. kelebihan jaringan client-server

a) Arus informasi menjadi lebih cepat

b) Keamanan yang relatif lebih tinggi

c) Memiliki sistem backup data yang sangat baik

d)
Server memegang penuh pada data yang di butuhkan oleh user

Kekurangan jaringan client server

a) Biaya operasional relatif lebih mahal

b) Ketika terjadi trouble pada server, maka seluruh koneksi jaringan akan
mati

c) Memerlukan spesifikasi komputer yang besar

Putih-Orange

Orange

Putih-Hijau

Biru

Putih-Biru

Hijau

Putih-Coklat

Coklat

susunan warna kabel LAN
Crossover

Putih-Hijau

Hijau

Putih-Orange

Biru

Putih-Biru

Orange

Putih-Coklat

Coklat

Apa saja yang termasuk input device?
Berikut adalah 15 macam input device atau perangkat keras input beserta fungsinya:.

Keyboard..

Mouse. … .

Joystick. … .

Touchpad. … .

CD (Compact Disc) … .

Modem. … .

Flashdisk. … .

CD/DVD ROM..

Pilih 3 alat manakah yang disebut alat masukan input *?
Beberapa contoh perangkat input pada komputer antara lain: keyboard, perangkat piranti (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen), microphone, scanner, web cam, dan lain-lain. Keyboard terdiri dari tombol-tombol yang difungsikan untuk memasukkan perintah perintah ke dalam sistem komputer.

Apa yang dimaksud dengan input device?
Peranti masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer.

Berapa jenis alat input langsung?
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer ( …